WELCOME to my blog :> Read and enjoy please! gak akan nyesel dah, kalo udah mampir ke blog yang satu ini..Happy Reading guys! Semoga Bermanfaat

Minggu, 21 Oktober 2012

Resensi Buku Fiksi dan Nonfiksi



Assalamu'alaikum...
Haloo~ Sahabatku semuaaa ... lama tak berjumpa ya(?) Rindukah kalian?? dengan saya ?haha ..Okeedehh, Aduh.. saya tidak terlalu suka basa-basi .. langsung kepostingan aja yaaahh :]
Baiklah, untuk postingan kali ini saya punya contoh bahan untuk dijadikan RESENSI .. tau RESENSI kan ya? hah.. ga tau? Coba tanya temen,.. ga tau juga? tanya bapak dan ibu deh,.. belum tau juga? tanya kakek nenek *aihh,apa pula ini* haha.. simpelnya search di Mr. Google aja yaw..hihi << *ini namanya basa-basi kaka -..-* .Resensi di bawah ini merupakan hasil tugas saya sewaktu masih SMP dulu*padahal tahun kemarin masih SMP*. Judul resensi ini adalah "Resensi Buku Fiksi dan Nonfiksi" .. 
Semoga bermanfaat ^__^

Identitas Buku Nonfiksi


1.     Judul Buku                   : Pendidikan Kewarganegaraan          SD Kelas 5
2.     Penyunting                  : Maya Yulianti
                     Dwi Kartika Wardhani
3.     Penerbit                        : Erlangga
4.     Kota                               : Jakarta
5.     Tahun terbit                 : 2007
6.     Cetakan                         : -
7.     Tebal Buku                   : 0,6 cm
8.     Jumlah Halaman         : 107 lembar
9.     Ukuran Buku               : 25,9 cm×17,9 cm
10.    Jenis Kertas                 : HVS Quarto
11.    Cover                           : ada


22972.jpg



RINGKASAN BUKU NONFIKSI  

BAB 1 Keutuhan Kesatuan Replubik Indonesia
                Bangsa Indonesia telah memplokamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. NKRI (Negara Kesatuan Replubik Indonesia) tidak berdiri dengan sendirinya, tetapi melalui perjuangan oleh para pejuang dan rakyat Indonesia yang rela mengorbankan harta bahkan nyawa mereka demi kemerdekaan Indonesia dan ada beberapa peristiwa yang berusaha memecah belah Indonesia seperti Pemberontakan PKI,G 30 S PKI,GAM tersebut berhasil digagalkan oleh tekad segenap bangsa untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI.  Wilayah  Negara Kesatuan Republik  Indonesia meliputi wilayah daratan dan lautan yang sangat luas serta ilayah ini terbagi atas beberapa provinsi dan dikepalai seorang gubernur . Saat ini provinsi di Indonesia sudah berjumlah 33 provinsi. Setiap rakyat Indonesia mempunyai kewajiban dan tangung jawab untuk menjaga keutuhan NKRI termasuk kita sebagai generasi penerus bangsa di dalam keanggotaan masyrakat maupun sekolah kita tentu memiliki tanggungjawab untuk selalu berupaya agar negara ini tetap utuh dan berdiri.
                                                                                                                  
BAB 2 Peraturan Pusat dan Peraturan Daerah
                Hukum tertinggi yang menjadi hukum dasar dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia adalah Undang-undang Dasar 1945. Urutan peraturan yang berlaku di Indonesia  adalah UUD 1945,Tap MPR,UU,Peraturan Pemerintah,Keputusan Presiden,KeputusanMenteri, Perda. Peraturan Pusat adalah peraturan yang bersumber dari UUD 1945 yang harus dilaksanakan rakyatnya dan orang yang tidak menaati peraturan tersebut akan mendapat sanksi seperti peraturan wajib belajar,peraturan tentang korupsi,lalu lintas. Peraturan Daerah adalah peraturan yang dibuatoleh lembaga-lembaga yang berwenang yang ada di daerah. Peraturan-peraturan yang telah dibuat harus ditaati karena dapat menciptakan ketertiban dan ketentraman dalam masyarakat,membuat segala sesuatu menjadi lancar.

BAB 3 Kebebasan Berorganisasi
            Organisasi adalah Badan Usaha yang terdiri dari kelompok yang memiliki  tujuan sama. Tujuan dibentuknya organisasi adalah agar kegiatan organisasi lancar ,dan para anggota mengerti tugas dan tanggung jawab sebagai anggota. Kebebasab berorganisasi artinya hak asasi seseorang untuk memilih atau bergabung dengan suatu organisasi yang sesuai dengan hati nuraninya. Jadi tidak ada orang yang berhak melarang seseorang untuk berorganisasi. Pengurus organisasi terdiri atas ketua,sekretaris,bendahara. Ada banyak organisasi di Lingkungan Masyarakat seperti Rukun tetangga(RT),Rukun Warga(RW),Desa,Dewan Kelurahan, Karang Taruna,Yayasan,Posyandu. Ada juga organisasi di Lingkungan Sekolah seperti Koperasi Sekolah,Usaha Kesehatan Sekolah,Gugus Depan pramuka,Komite Sekolah yang banyak memberikan manfaat bagi kita. 

BAB 4 Menghargai Keputusan Bersama
            Keputusan bisa dibuat oleh satu orang atau beberapa orang. Sebuah keputusan bisa diambil satu orang bila orang itu memiliki kekuasaan. Selain membuat keputusan sendiri, juga bisa membuat keputusan bersama dengan dua cara pertama, Musyawarah Mufakat yang terjadi kalau semua orang setuju dan Pengambilan Suara, yakni terjadi kalau semua orang ada yang setuju dan ada yang tidak, maka dapat diselesaikan dengan perhitungan lalu dijumlahkan dan membacakan hasil akhir yang diperoleh suara.
                                      

Resensi Buku Nonfiksi

          Setelah saya membaca buku Pendidikan Kewarganegaraan inimenurut saya buku ini ada kelebihan dan kekurangannnya. Kelebihannya terletak pada penulisan gaya bahasa yang lugas dan mudah dipahami  oleh siswa kelas 5 SD, penggunaan kalimat dan ketepatan pilihan kata yang digunakan sangat praktis dan sistematis dalam mengurai bab-bab di dalamnya.
           Ada sisi lain yang unik dari buku tersebut, para siswa dapat bernyanyi bersama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dari sabang sampai merauke dengan syair lagu yang sudah tertera di buku tersebut yang intinya membuktikan bahwa Indonesia itu merupakan Negara kesatuan  dengan wilayah yang luas yakni dari Sabang sampai Merauke.
          Ada banyak pesan moral yang disampaikan dari buku Pendidikan Kewarganegaraan ini salah satunya untuk mengajak, mengingatkan  siswa bahwa kita semua bersaudara, anak-anak Indonesia bersatu membangun bangsa,membaur menjadi satu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.
          Buku Pendidikan Kewarganegaraan ini memiliki banyak latihan latihan yang disajikan dalam bentuk ragam aktivitas, pertanyaan, dan uji kemampuan yang dapat mengasah kemampuan siswa, seberapa jauh siswa dapat memahami materi tersebut.
          Namun sayangnya buku ini tidak terdapat rangkuman yang sebenarnya bisa mengingatkan kembali secara ringkas tentang materi yang dipelajari pada bab tersebut dan kurang adanya tambahan landasan seperti pasal-pasal untuk melengkapi setiap babnya yang menjadi bukti bahwa hal itu akurat berdasarkan Undang-undang Dasar 1945, seperti peraturan tentang korupsi ,peraturan wajib belajar,peraturan lalu lintas,ketiga peraturan tersebut belum dicantumkan terdapat pada pasal berapa untuk menyatakan bahwa hal itu tersebut akurat.
           

 ...


Identitas Buku Fiksi

1.     Judul Buku      : Kumpulan Cerita untuk Anak Negeri3
2.     Penyunting     : Joko Handoyo 
                                   Tin Tisnawati
3.     Penerbit           : Mediatama
4.     Kota                 : Surakarta
5.     Tahun terbit    : 2008
6.     Cetakan           : Ketiga
7.     Tebal Buku      : 3 mm
8.     Jumlah Halaman         : 47 Halaman
9.     Ukuran                          : 24,9 cm x 17,5 cm
10.  Jenis Kertas                    : HVS Quarto
11.Cover                                : Ada

Foto009.jpg













RINGKASAN BUKU FIKSI

Pengecut itu Akhirnya Tersikut
Sore itu ada seekor Singa sedang menyantap makanannya dan tiba tiba ada seekor burung elang yang menyambar makanan Singa yang membuat Singa menjadi marah dan ingin balas dendam kepada si Burung dengan pertarungan antara bangsa Singa dan bangsa Burung dan dimenangkan oleh bangsa Singa. Melihat bangsa Burung kalah Kelelawar merasa cemas akan keselamatan dirinya, lalu Kelelawar memutuskan untuk bergabung dengan bangsa Singa. Malam kedua kelompok Burung berganti menyerang kelompok Singa dengan melempari batu dan kelompok Singa kalah. Sang Kelelawar yang merasa cemas bergabung kembali dengan kelompok Burung. Kelelawar selalu bolak balik berpihak kepada kelompok yang menang dan akhirnya sifat pengecut kelelawar lama kelamaan diketahui oleh kedua belah pihak. Diusirlah Kelelawar dari lingkungan mereka dan kedua belah pihak sudah menjadi sahabat dan tidak akan bermusuhan lagi.

Lalat yang Hemat
            Zaman dahulu hiduplah seorang Raja yang terkenal bijaksana,adil,dan bersahaja serta penyayang binatang. Suatu hari Raja pergi jalan-jalan dan bertemu seekor Lalat. Raja nampak kasihan kepada si Lalat karena belum makan, Raja membawa pulang Lalat ke kerajaan. Lalat itu di masukkan toples yang berisi satu sendok makan nasi dan toples itu akan dibuka satu tahun yang akan datang. Setelah satu tahun kemudian, toples dibuka, Lalat itu hanya menghabiskan setengah nasi dari sendok makan itu karena bila raja lupa membuka toples itu, satu tahun yang akan datang Lalat masih dapat memakan nasi tersebut. Sang raja terkejut mendengar pernyataan Lalat yang tahu hidup hemat. Lalat itu akhirnya mendapat hadiah dari Raja, karena telah mengajari Raja hidup hemat.


RESENSI BUKU FIKSI

Setelah saya membaca buku Kumpulan Cerita untuk Anak Negeri 3, menurut saya buku ini dalam penyajiannya sudah cukup baik sebagai bacaan untuk anak. Buku ini di dalamnya memuat beberapa cerita yang banyak memberikan pelajaran bagi para pembaca khususnya anak.
          Penggunaan bahasa dalam kumpulan cerita ini lugas agar masyarakat umum khususnya para anak mudah mengerti isi kumpulan cerita ini. Kumpulan cerita anak ini sangat menarik dan sangat cocok dibaca anak, karena dari setiap bagian cerita mengandung unsur makna yang positive yang bisa membangun rasa sosial pada anak.
          Buku kumpulan cerita ini, setiap akhir cerita terdapat pesan moral yang disampaikan pengarang kepada pembaca yang sangat membangun, contohnya pesan moral cerita yang berjudul Sapi Penarik Grobak adalah berpikirlah dahulu sebelum bertindak, karena tindakan yang salah akan menyebabkan kerugian bagi kita, contoh lain pesan moral dari cerita yang berjudul Lalat yang Hemat adalah janganlah hidup boros, hematlah, rajinlah menabung, pasti tua beruntung.
          Namun, di dalam buku kumpulan cerita ini terdapat beberapa cerita yang menggunakan nama tokoh yang banyak yang menyulitkan pembaca khususnya anak anak dalam memahami jalan cerita tersebut, seperti cerita yang berjudul Sosok Pribadi yang Berbeda terdapat empat tokoh dengan nama yang hampir sama ada Dora,Dori,Emon,Emi yang memiliki nama sebutan sehari hari, Dora biasa dipanggil Cik ,Dori biasa dipanggil Rop,Emon biasa dipanggil Mon,Emi biasa dipanggil Rit.


*PENUTUP

Kesan saya setelah meresensi dua buku yakni, buku fiksi yang berjudul Kumpulan Cerita untuk Anak Negeri 3 dan buku nonfiksi yang berjudul Pendidikan Kewarganegaraan SD Kelas 5, saya menjadi lebih faham dan mengerti tentang pentingnya bersosialisasi di dalam lingkungan masyarakat, dan saya menjadi lebih semangat untuk bersosialisasi hal positive di lingkungan masyarakat. Dan juga banyak hikmah serta manfaat yang dapat diambil tidak hanya untuk anak-anak melainkan juga untuk remaja maupun dewasa yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti kejujuran,berhemat,saling tolong-menolong,bijaksana,berpendirian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar